Universitas Megarezky Gelar Pelatihan Auditor Mutu Internal

Dalam rangka penguatan budaya mutu di Universitas Megarezky (UNIMERZ) menyelenggarakan kegiatan penguatan Auditor Mutu Internal (AMI) yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 19-21 Agustus 2021, dengan kegiatan dilaksanakan secara blended (daring dan luring). 

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UNIMERZ Suharti Siradjuddin, M.Pd.,M.Ed. TESOL dalam laporannya menyampaikan bahwa UNIMERZ saat ini mempunyai 5 fakultas dan 24 prodi yang sebaran prodinya 50% terakreditasi Baik Sekali dan 50% aktreditasi Baik, beliau juga menyampaikan UNIMERZ sudah menyusun SPMI berbasis Permendikbud No.3 tahun 2020 dan siap di laksanakan di Prodi. 

Lebih lanjut pelatihan AMI dimaksud untuk menambah jumlah auditor dan penyegaran auditor, Penambahan auditor seiring dengan penambahan jumlah program studi di UNIMERZ, kebutuhan auditor juga sangat dibutuhkan untuk penunjang pelaksanaan AMI yang jadwal pelaksanaannya setiap tahun dilaksanakan  di lingkup UNIMERZ. 

Adapun materi pada Pelaksanaan pelatihan auditor mutu diselenggarakan dengan materi, Pengertian dan Perencanaan AMI, Kompetensi  dan Etika Auditor, Teknis Pelaksanaan Audit Dokumen, Teori Pelaksanaan Audit Lapangan, Sistematika dan Penyusunan Laporan AMI. Kegiatan ini bekerjasama dengan LPM Universitas Muslim Indonesia dan sebanyak 5 orang Narasumber dan Fasilitator berasal dari UMI Makassar, lanjutnya. 

Pembukaan acara diawali sambutan Rektor Prof. Dr. Ali Aspar Mappahya, Sp.PD.,Sp.,JP(K) menyampaikan dengan adanya AMI ini, auditor segionya menilai secara indenpedent, kehadiran auditor, membantu manajemen institusi, untuk menganalisa memberikan saran dan dalam perbaikan dalam rangka perbaikan lanjutan akreditasi di masa mendatang. Beliau juga sangat mengapreasi panitia pelaksana dalam rangka melaksanakan AMI ini dan semoga kepada 40 orang lulus dan mendapat sertifikat. 

Sambutan selanjutnya Bapak Dr. Ir. Anis Saleh, para calon Auditor diharapkan lebih banyak memperdalam ilmu SPMInya sehingga pada saat turun melakukan auditee dapat membantu para auditi, beliau juga sangat mengharapkan para auditor ini diharapkan sebagai pendamping dalam rangka membantu Prodi dalam meningkatkan akreditasinya. 

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Prof. Dr. Jasruddin, M.Si menyampaikan mutu adalah kualitas pendidikan, mutu itu harus move on, harus sesuai dengan era dan standar hari ini, beliau juga menyampaikan  terima kasih UNIMERZ dengan adanya semangat dari UNIMERZ bicara mutu sebab mutu adalah sebubah keniscayaan, perguruan tinggi yang baik tidaklah dilihat dari mewahnya gedungnya tapi yang terpenting adalah alumninya harus berkualitas sesuai keinginan era hari ini dan bisa bersaing di dunia luar. 

Kualitas pendidikan kita harus selalu bergerak dan bergerak karena kita sedang menghadapi Generasi Z bahkan generasi alfa olehnya itu  mutu yang kita bicarakan harus disesuaikan dengan keadaan hari ini dan masa depan, tambahnya 

Hadir pada pembukaan pelatihan AMI UNIMERZ Pembina Yayasan Pendidikan Islam Megarezky Dr.H. Alimuddin, SH.,MH.,M.Kn, Ibu Ketua YPI Wakil Rektor I,II,III dan IV, Ketua lembaga, Kepala Biro, Ketua Prodi lingkup UNIMERZ, serta undangan lainnya.   

Sebanyak 40 calon auditor mutu internal UNIMERZ antusias mengikuti pelatihan daring, serta siap menjalankan penugasan. Peserta yang dinyatakan lulus akan memperoleh 2 jenis sertifikat yaitu sebagai peserta dan sebagai auditor dengan indikator penilaian wajib mengikuti  seluruh rangkaian kegiatan, nilai pretest,tugas daftar tilik, persentase daftar tilik, praktek audit lapangan, laporan hasil audit lapangan, persentase audit lapangan dan nilai posttest, peserta juga wajib mengisi instrumen AMI.