Peminat Kian Meningkat, Prodi S1 Gizi Universitas Megarezky Optimis Dapat Akreditasi Memuaskan.

MAKASSAR, Program studi Sarjana Gizi, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar menjalani assesment lapangan daring oleh tim assesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKES). Asesmen itu berlangsung sejak 8 hingga 10 November 2021.

Asesmen ini menghadirkan dua asesor, masing-masing A. Fahmy Arif Tsany, S.Gz., Dietisien, M.Sc dan Ahmad Faridi, SP., MKM.

Wakil Rektor I Unimerz, Dr. Julia Fitrianingsih, S.Kep.,Ns.,M.Kep mengatakan asesmen ini menjadi tantangan tersendiri bagi prodi S1 Gizi dan Unimerz. Pasalnya, usia prodi ini masih terbilang sangat muda yakni dua tahun.

“Tetapi karena sembilan kriteria ini adalah, akreditasi yang membutuhkan banyak luaran-luaran. Kami dari Universitas beraharap banyak bahwa Prodi Gizi ini bisa membuktikan pelaporan manajemen dan pelaksanaan Tri Dharma,” kata Julia Fitrianingsih.

Meski terbilang masih sangat baru, namun animo masyarakat terhadap prodi Gizi cukup tinggi.

“Merupakan PTS pertama di Kota Makassar yang ada prodi Gizi. UNHAS kan negeri,” tambah Julia.

Menurut julia, prospek peluang kerja kulusan Ilmu Gizi sangat besar, terutama pada unit layanan kesehatan di rumah sakit.

“Terutama pasien-pasien yang stroke, diabetes. dan itu terpengaruh karena gaya hidup yah,” Ujarnya.

Karenanya, Prodi Gizi diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkompeten dibidangnya. Unimerz sendiri kata Julia, terus berupaya memenuhi infrastruktur yang dapat menunjang proses pengembangan ilmu Gizi.

“Sarana dan Prasarana serta kurikulum yang memang berbasis KKNI dan MBKM, serta menyiapkan mahasiswa itu untuk bisa berkompeten dan profesional,” beber Julia. Sementara Ketua Prodi S1 Gizi Unimerz, Fatimah Fitriani Mujahidah S.Gz., M.Kes mengatakan, asesmen lapangan ini dilakukan dalam upaya memperoleh status akreditasi dengan merujuk pada sembilan indikator penilaian.

“Secara signifikan, selama dua tahun ini Prodi Gizi banyak peminatnya dan meningkat dari tahun ke tahun,” tuturnya disela-sela kegiatan.

Fatimah optimis, Prodi Gizi akan menerima hasil memuaskan. Sebab, segala hal yang diperlukan untuk assesment sudah mereka lengkapi dan semuanya berjalan dengan lancar.

“Semuanya sudah diselesaikan dengan baik dan kami yakin juga hasilnya akan memuaskan,” kata fatimah dengan optimis.

Lebih jauh Fatimah mengatakan, hasil assesment tersebut bakal diumumkan dalam waktu dekat ini. Paling tidak di bulan Desember mendatang hasilnya sudah bisa diketahui.

Meski dilaksanakan secara daring, tetapi assesment lapangan ini dihadiri oleh jajaran petinggi kampus Unimerz sebagai bentuk keseriusan mereka dalam meningkatkan kualitas kampus.

Pada kesempatan ini tampak hadir beberapa Wakil Rektor (WR), beberapa Dekan dari masing-masing fakultas, juga ketua program studi dan lembaga/unit.