Dosen dan Mahasiswa Unimerz Edukasi Ibu Hamil di Gowa

Program S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Universitas Megarezky (Unimerz) melaksanakan pengabdian Masyarakat yang berkolaborasi dosen dan mahasiswa di Desa Tanakaraeng, Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Jumat (18/02/2022).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mengangkat Tema Pemanfaatan Bahan Herbal pada Pelayanan Kebidanan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai pelancar ASI, jahe merah dan makanan MPASI berbasis kearifan lokal.
Dekan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Unimerz, Syamsuriyati dalam sambutannya mengharapkan pelaksanaan pengabdian masyarakat dengan tema pemanfaatan bahan herbal.

Selain merupakan salah satu mata kuliah penciri di program studi sarjana kebidanan dan profesi bidan Unimerz juga diharapkan masyarakat bisa lebih mengenal bahan-bahan alami dan bisa memanfaatkan tanaman-tanaman herbal yang ada di sekitar kita. Pengabdian ini melibatkan ibu hamil, balita dan ibu nifas sebagai peserta.

Kepala Desa Tanakaraeng H Sampara dalam sambutannya mengaku bersyukur dan senang dosen dan mahasiswa S1 Kebidanan Unimerz bisa datang dan memberikan edukasi tentang pemanfaatan bahan herbal.

“Semoga kerja sama ini bisa berlanjut dan bisa juga ada warga kami yang melanjutkan pendidikannya di Unimerz,” katanya.

Adapun Pemateri dalam pengabdian ini adalah Ketua prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Unimerz Sutrani Syarief dengan judul pemanfaatan rebusan daun ubi jalar terhadap produksi ASI.

Pemateri kedua oleh Rika Handayani tentang pemanfaatan jahe merah untuk meningkatkan kesehatan reproduksi dan pemateri ketiga oleh Nurjannah Supardi tentang pemberian MPASI berbasis kearifan lokal.