LAM-PTKes Asesmen Lapangan Luring Akreditasi Program Studi Profesi Apoteker Unimerz

Dalam rangka menjamin kualitas kompotensi lulusan apoteker yang dihasilkan oleh Progran Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar maka Lembaga Akrditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes ) dengan plementasi baru akreditasi untuk program studi kesehatan pada tahun 2022.

Tim Asesor dari LAM-PTKes terdiri dari 3 orang yaitu : Apt. Mahardian Rahmasi, S.Si., M.Sc., Ph.D dari Universitas Airlangga Surabaya, Dr. Apt. Moch. Saiful Bachri, M.Si. dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dan Apt. Drs. Fauzi Kasim,M.Kes dari Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia.

Dalam asesmen kali ini adalah merupakan rangkaian kegiatan dalam Akreditasi Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) UNIMERZ yang telah dilakukan dengan Daring.

Sehingga hasil dari Aklreditasi Daring berdasarkan Surat Keputusan Perkumpulan LAM-PTKes bulan Desember Nomor. 0682/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2020 telah berstatus terakreditasi dengan peringkat BAIK dengan masa berlaku sampai dengan Desember 2021 demikian disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Dr.apt.H.Saparuddin Latu, S.Si., M.H., M.Kes di kampus Unimerz, Jalan Antang Raya Ni 43 Makassar (25/03/2022)

Kemudian untuk tetap menjamin kualitas kompetensi lulusan yang dihasilkan maka sesuai dengan
Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) 2021 siklus PPEPP telah dilaksanakan secara berkelanjutkan sehingga dihasilkan Continous Quality Improvement (AQI), maka pada situasi Pandemi Cavid19 tahun lalu kegiatan asesmen lapangan yang dijadwalkan menjadi tertunda sehingga Ketua Program Studi Profesi Apoteker Unimerz mengajukan permohonan agar sebelum masa kadaluarsa hasil akreditasi yang dikeluarkan oleh LAM-PTKes berakhir dan juga belum ada jadwal yang pasti dalam pelaksanaan Asesmen Luring maka harus ada masa perpanjangan pemberlakukan batas kadaluarsa yang telah diterbitkan pada Desember 2021 dengan Nomor.00994/LAM-PTKes/Akr.Perp-H/Pro/XII/2021 tentang Perpanjangan status, Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Universitas Megarezky (Unimerz) sampai dengan Juli 2022.

Kegiatan Asesmen lapangan luring dilaksanakan selama 2 hari dari Kamis-Jumat, 24-25 Maret 2022 di ruang rapat LPM Lantai 2 Universitas Megarezky (Unimerz).

Kegiatan Asesmen Lapangan ini dibuka langsung Rektor Universitas Megarezky yang diwakili oleh Wakil Rektor. I Unimerz Dr. Julia Fitrianingsih, M.Kep.

Dalam sambutannya saat acara pembukaan mengemukakan bahwa pada setiap Akreditasi Program Studi diharapkan hasil yang terbaik sebagai komitmen Universitas Megarezky (Unimerz) dalam menjamin kualitas kompetensi dari Alumni yang dihasilkan sehingga dapat menjawab kebutuhan pasar (pengguna) dan bahkan bersaing secara nasional dan internasional dalam membantu masyarakat meningkatkan layanan kesehatan

Sebagai realisasi dari penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan (PPEPP) di tingkat Universitas Megarezky dibawah Ketua LPM telah membuat Standar SPMI yang melampaui dari 28 Standar menjadi 32 Standar yang telah diimplementasikan dalam satu tahun terakhir ini sejak Berubah menjadi Universitas Megarezky dan akan berjalan secara berkelanjutan.”

Sementara itu Dekan Fakultas Farmasi Bapak Dr. apt. Jangga, S.Si., M.kes mengatakan Asesmen lapangan ini dilakukan secara ofline sebagai lanjutan dari proses akreditasi Hybed yang langsung mengecek kesesuaian semua dokumen data yang dilaporkan dalam borang yang telah dikirimkan sebelumnya.

Yang menjadi catatan penting dalam kesiapan akreditasi Program
Studi Profesi Apoter UNIMERZ adalah sebagai Prodi baru yang diasesmen dengan menggunakan 9 kriteria yang lebih banyak akan menunjukkan OUTcamnya dari pada proses.
Lanjut dari Ketua PSPA Unimerz Dr. apt. H. Saparuddin Latu, S.Si., M.H., M.Kes menyiapkan wahana yang akan dijadikan sebagai bagian dari sistem penilaian dalam pelaksanaan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) mahasiswa sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Profesi Apoteker dan Asisiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APFTI) dalam Blueprint Kompetensi Apoteker Indonesia.

Oleh karena itu kami telah mensingkrongkan dari Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran alumni apoteker yang profesinal dalam bidang farmasi komunitas berbasis teknologi seiring dengan kemajuan perkembangan IPTEK menuju era globalisasi.

Dari 5 Wahana Praktek kerja Profesi diambil perwakilan masing-masing : RSU Haji Provinsi Sulawesi Selatan, Apotek Aviola Makassar, Puskesmas Tamalate Makassar, PBF Penta Valen sebagai sampling representasi yang diperlukan dengan waktu yang terbatas.

Diakhir pertemuan : apt. Mahardian Rahmasi, S.Si., M.Sc., Ph.D Team Asesor berharap agar Program Studi Profesi Apoteker UNIMERZ dapat meningkatakan komitmen bersama dalam menjalankan penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan (PPEPP) sesuai Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang merupakan sistem penjaminan mutu yang berjalan di dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen dalam satuan pendidikan yang mencakup seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya untuk mencapai yang telah diaplikasikan agar dapat menunjukkan progress peningkatan hasil disetiap tahunnya serta berkesinambungan.