Prodi Pendidikan Profesi Ners Unimerz Sambut Mahasiswa Baru

MAKASSAR, BKM–Prodi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawaatan & Kebidanan (FKK) Universitas Megareszky (UNIMERZ) sambut Mahasiswa baru.

Jenjang profesi yang akan mulai berproses di akhir bulan juni. Mahasiswa baru yang sudah bergelar sarjana keperawatan ini, akan mengikuti kepaniteraan Umum (PANUM) hingga Ujian OSCE (Internal) sebelum turun ke Rumah sakit melakukan praktek Klinik. Kegiatan tersebut berlangsung di Hall Lantai 5 Unimerz, Senin (27/06/2022).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri langsung oleh Dr. Syamsuriyati, SST, SKM, M.Kes selaku Dekan FKK beserta jajarannya, para Dosen dan staf dilingkup prodi keperawatan serta mahasiswa baru jenjang profesi Ners. Dalam sambutannya, dekan FKK, mengatakan bahwa kegiatan orientasi ini diharapkan mampu menghadirkan suasana kekeluargaan yang harmonis baik antar mahasiswa ataupun dengan para dosen.

Mengingat beberapa dari mereka berasal dari alumni di kampus lain.”Kami sangat mengapresiasi para pengelola Prodi Pendidikan Profesi Ners atas penyambutan sekaligus orientasi bagi mahasiswa jenjang profesi Ners,”jelasnya.

Beberapa dari mahasiswa tersebut berasal dari lintas daerah seperti Dari Menado, Papua , Palu dan juga dari lintas kampus kesehatan yang ada di wilayah Makassar.

Sebanyak 38 Mahasiswa tergabung dalam Angkatan XIII, Gelombang I 2022. Sementara Ketua Prodi Pendidikan profesi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini adalah sebuah ritual rutin dalam menyambut Mahasiswa baru , yang pada kesempatan ini dihadiri oleh mahasiswa baru dan masih ada beberapa calon mahasiwa yang saat ini masih dalam perjalanan ke makassar.

“Target kami di penerimaan gelombang selanjutnya bisa mendekati dari angka mahasiswa yang akan berproses di gelombang ini,”ungkap Ns sudirman Efendi,S,kep.,M.Kep selaku Ketua Prodi.

Dari beberapa mahasiswa yang sempat di wawancarai, mengaku berasal dari Alumni kampus di luar Makassar dan berniat melanjutkan jenjang Profesi Ners dengan berbagai pertimbangan seperti kualitas kampus yang sudah teruji, ingin mencari suasana baru dikampus yang elegan dan juga pertimbangan pengalaman praktik dibeberapa rumah sakit besar seperti RSUP. Wahidin Sudirohusodo Makassar yang tidak semua kampus kesehatan dapat melakukan kerjasama sebagai wahana praktek klinik.

“Kedepan Ujian Kompetensi Ners akan berproses melalui proses ujian OSCE , yang tidak hanya menilai dari kemampuan kognitifnya namun juga akan mengukur psikomotorik (skil) dan Afektifnya . Olehnya itu , sebelum mereka berproses dirumah sakit terlebih dahulu akan diberikan Panum hingga ujian OSCE (internal),”tutup,Syaiful,S Kep, NS dan M Kep selaku Wakil Dekan I yang membidangi kurikulum & kemahasiswaan FKK. Unimerz.(rls)