FKIP Unimerz Adakan Lomba Antar Sekolah se-Sulawesi Selatan

Dalam rangka Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megarezky (Unimerz) menggelar berbagai macam perlombaan antar sekolah se-Sulawesi Selatan.

Event ini diselenggarakan selama 2 hari, mulai Jumat-Sabtu (16-17/9/2022). Adapun jenis lomba yang ada antara lain, pertandingan bola voli, story telling, rangking satu (1), seni tari, menyanyi solo dan membaca puisi antar sekolah.

Terpantau oleh awak media, peserta nampak begitu antusias dalam mengikuti event tersebut. Peserta merupakan delegasi dari beberapa sekolah yang ada di provinsi Sulawesi Selatan.

Saat ditemui di ruangannya, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Abdul Malik Iskandar, M.Si menuturkan bahwa event tersebut merupakan sebuah perhelatan baru dalam rangka PPL. Selain itu juga sebagai salah satu cara yang digunakan untuk memperluas sasaran wilayah PPL mahasiswa.

“Ini perhelatan baru Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) bagi mahasiswa dari Prodi keguruan masing-masing yang ada di FKIP. Kegiatannya semacam kegiatan lomba dengan Mitra sekolah. FKIP ini memiliki kemitraan di sekolah-sekolah tingkat SD dan tingkat SMA. Tahun ini kita melibatkan sekitar 17 sekolah. Semua ada delegasinya yang ikut bertanding di setiap jenis lomba,” ujarnya.

“Sebenarnya ajang lomba ini adalah cara kita untuk memperlebar sayap lokasi PPL. Di tahun sebelumnya kita pusatkan hanya di wilayah kota Makassar saja, tetapi saat ini sasaran kita akan lebih meluas hingga ke sekolah-sekolah yang ada di Sulawesi Selatan,” imbuh Dekan FKIP itu.

Lebih lanjut, Dr. Abdul Malik Iskandar, juga mengemukakan bahwa, tujuan utama dari kegiatan lomba itu ialah sebagai sarana mempererat hubungan antara kampus dan masyarakat. Karena menurutnya, masyarakat adalah komponen penting sebagai penunjang dalam bidang pendidikan.

“Tujuan utamanya adalah kita ingin semakin mengakrabkan kampus dengan masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat itu adalah suatu komponen yang harus kita dekatkan dengan kampus. Sasaran utama kampus itu adalah masyarakat sehingga dengan cara seperti ini diharapkan hubungan kampus dan masyarakat itu bisa semakin erat,” ungkapnya.

“Selain itu, adanya event ini juga termasuk bagian dari admisi promosi. Karena kita memanggil peserta didik dari sekolah-sekolah yang ada di Sulsel untuk bertanding langsung di kampus Universitas Megarezky. Sehingga secara tidak langsung mereka itu melihat dan merasakan bagaimana fasilitas-fasilitas, sarana dan prasarana yang ada di kampus ini,” pungkasnya.

Terakhir, Dekan FKIP Unimerz itu berharap, agar dengan adanya kegiatan perlombaan antar sekolah ini bisa menjadi penanaman informasi lebih awal terkait Universitas Megarezky terhadap masyarakat.

“Jadi kami berharap peserta didik yang datang nantinya bisa menjadi penyambung lidah untuk menceritakan bagaimana kondisi Unimerz kepada teman-temannya atau masyarakat lainnya. Setidaknya ada penanaman informasi lebih awal yang kami berikan kepada masyarakat yakni melalui kegiatan ini,” harapnya.